PUNYA BANGSA INDONESIA "GAMELAN"

sebut saja Indonesia negara kita sendiri, yang menciptakan alat musik serta instrument musik yang baik di dalam nya. secara umum kata Gamelan selalu identik dengan gong gantung, pot, serta seruling , dan instrumen-instrumen musik lainya yang terbuat dari loga bahkan kayu . semua musik gamelan di isi oleh melodi dasar khas jawa & bali yang instrumen melodinya tetap atau datar dan dihiasi oleh bagian-bagian instrument yang mekar keluar dari melodi dasar.

di atas adalah gambar dari alat musik gamelan.. dan juga berikut adalah nama-nama bagian dari alat musik gamelan.


1. Gong 
 sebuah intrument atau alat musik dari gamelan yang digunakan sebagai pengatur tempo pada saat permainan musik gamelan dipermainkan . Di antara alat musik gamelan gong lebih banyak di ketahui oleh  pemuda indonesia.

2. Jengglong 
bentuknya sama seerti gong, namun jengglong memiliki 6 komponen alat yang bisa dimainkan dan tentu nada yang dibunyikan juga berbeda.

3.  Kendang 
kendang bukan gendang ! adalah sejenis alat musik perkusi yang membranya berasal dari kulit sapi atau pun kerbau. kendang di mainkan sebagai musik pelengkap atau yang biasa disebut Rythem musik.

4. Gambang


alat musik dari logam yang memiliki bagian-bagian sendiri yaitu bass wings dan treple wings dari kedua sisi yang berukuran beda , yang dinamakan bass adalah sisi gambang yang berukuran besar , dan treple adalah sisi yang kecil.

5. Bonang


di ambil dari nama pembawanya yaitu Sunan Bonang. adalah ala musik yang dibawa dari campa sebagai hadiah perkawinan Prabu wijaya dan Putri campa

6. Suling 



suling yang biasa dipakai terbuat dari bambu untuk permainan gamelan, suling memiliki bunyi yang lembut dan sangat sesuai dengan instrumen musik lainnya

7. Saron peking


saron peking adalah ukuran terkecil dari grop gamelan bahkan group saron. memiliki 7 bagian logam bunyi, tentu saja memiliki tangga nada. ukuran dari saron peking sendiri umumnya memiliki panjang 66.6 cm.

8. Saron Panerus


memiliki bentuk panjang, dan memiliki 14 logam bunyi. dan bisa di sebut juga kakak dari saron peking.

Gamelan sendiri biasa di gunakan dalam upacara adat atau keagamaan oleh orang jawa & bali di jaman dahulu.dalam beberapa waktu gamelan sering di mainkan untuk menemani acara sekuler, termasuk acara konser, pertunjukan wisata dan demonstrasi pendidikan seni.


Tidak ada tuning, standar tetap dalam musik gamelan. Instrumen dalam ansambel tunggal disetel sebagai yang unik, sehingga mustahil untuk hanya mengambil satu instrumen dari gamelan yang diberikan dan pertukaran dengan instrumen yang sama-berukuran dari set lain. Ini tidak, bagaimanapun, berarti bahwa laras gamelan tidak diatur atau tidak terkontrol-terdapat sebuah sistem yang sangat kompleks tuning dan mode (atau, lebih akurat, "mood"), memahami yang berkembang selama seumur hidup musisi.

Mengingat banyak konsistensi yang dijelaskan di atas, adalah luar biasa bahwa berbagai jenis gamelan, baik antar daerah dan dalam area tunggal, sangat berbeda satu sama lain. Setiap jenis gamelan yang khas, musik yang unik.

Di Jawa Tengah kontemporer, misalnya, gamelan lengkap biasanya berisi dua set penuh instrumen, satu tuned dalam sistem slendro lima nada dan satu di pelog tujuh nada. Dua set yang membentuk seprangkat gamelan ini ditempatkan bersama-sama di lantai, dengan semua instrumen satu tuning menghadap ke depan, dan orang-tuning lainnya ditempatkan tegak lurus dengan menghadap ke depan ditetapkan. Musisi dengan cepat dapat mengubah tubuh mereka kemudian dengan mudah transisi dari satu sistem tuning yang lain. gamelan Penuh semacam ini dapat ditemukan di lembaga-lembaga besar di Indonesia dan internasional maupun di desa, di rumah musisi dihormati dan di pengadilan kerajaan Jawa Tengah.

Di sisi lain, gamelan Bali lengkap mengandung satu set instrumen, namun instrumen ini dipasangkan di tuning mereka: dua instrumen ukuran yang sama dan konstruksi yang dicari dalam wanita komplementer (sedikit pengumbang bernada rendah) dan jantan (sedikit lebih tinggi bernada pengisep) hubungan. pitches serentak ini pada dua instrumen tidak identik frekuensi dan ketika mereka bermain bersama hasilnya adalah sebuah mengalahkan akustik disebut Ombak (harfiah, "ombak"). Ini menghasilkan kemerduan berkilauan karakteristik gamelan Bali.
Teknik kompleks irama interlocking, kotekan disebut, adalah juga merupakan ciri musik gamelan Bali: dua pemain bermain tepat, berbeda bagian-bagian yang berpaut untuk membuat, tunggal sangat cepat melodi.

jenis ensemble Gamelan di Bali banyak, dan sangat bervariasi dalam ukuran, komposisi instrumen, repertoar, umur dan fungsi. gamelan Bali dari segala jenis dapat ditemukan di kuil-kuil, pusat-pusat masyarakat desa, sekolah dan lembaga, hotel dan rumah-rumah pribadi. Demikian pula, ada keragaman jenis gamelan di Timur dan Jawa Barat, Lombok dan dalam relatif tidak dikenal dan tentunya di bawah-diteliti tradisi gamelan di Kalimantan.

Profesional rekaman musik gamelan yang banyak tersedia di pasar internasional, dan banyak perguruan tinggi, universitas dan lembaga pendidikan lainnya di seluruh dunia gamelan ensemble sendiri dan pertunjukan publik hadir. Kesempatan untuk pengalaman musik gamelan hidup yang berlimpah di Indonesia dan luar nusantara.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment