Atlantis sebuah kenyataan?





Seorang filsuf kuno asal yunani bernama Plato telah menceritakan sebuah cerita tentang peradaban kuno yang maju, serta hasil bumi yang melimpah namun harus hancur oleh bencana besar dan tenggelam di laut.

dalam bukunya yang berjudul Timaeus dan Caristias Plato bercerita tentang peradaban Atlantis.
namun yang menjadi misteri hingga saat ini adalah sebuah cerita yang telah bertahan lebih dari 9000 tahun?

sekilas tentang Atlantis ; Plato menceritakan kisah Atlantis sekitar 360 SM Para pendiri Atlantis, katanya, setengah manusia dan setengah dewa. Mereka menciptakan sebuah peradaban utopia dan menjadi kekuatan angkatan laut yang besar. rumah mereka adalah terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh parit konsentris luas dan dihubungkan oleh sebuah kanal yang menembus ke pusat. Pulau-pulau subur berisi emas, perak, dan logam berharga lainnya dan didukung kelimpahan langka, satwa liar yang eksotis. Ada ibu kota besar di pulau pusat.


Prof. Arysio Nunes Dos Santos menerbitkan sebuah buku "Atlantis the lost continents finally found" yang dimana dalam bukunya dia menuliskan bahwa Indonesia adalah Atlantis yang hilang.

Prof. Santos mengatakan bahwa dia sudah meneliti kemungkinan lokasi Atlantis selama 29 tahun terakhir ini. Ilmu yang digunakan Santos dalam menelusur lokasi Atlantis ini adalah ilmu Geologi, Astronomi, Paleontologi, Archeologi, Linguistik, Ethnologi, dan Comparative Mythology. Buku Santos sewaktu ditanyakan ke ‘Amazon.com’ seminggu yang lalu ternyata habis tidak bersisa. Bukunya ini terlink ke 400 buah sites di Internet, dan websitenya sendiri menurut Santos selama ini telah dikunjungi sebanyak 2.500.000 visitors. Ini adalah iklan gratis untuk mengenalkan Indonesia secara efektif ke dunia luar, yang tidak memerlukan dana 1 sen pun dari Pemerintah RI.


yang di bukunya Prof. santos membahas dengan terperinci antara ciri-ciri cerita Atlantis yang di ungkapkan oleh Plato, dengan ciri-ciri Indonesia. yang menurutnya memiliki kesamaan yang banyak serta identik. 

namun menurut National Geographic agak berlainan pendapat 
bahwa Plato menciptakan kisah Atlantis untuk menyampaikan beberapa teori filosofisnya. "Dia sedang berhadapan dengan sejumlah isu, tema yang berjalan di seluruh karyanya," katanya. "Ide-idenya tentang ilahi versus sifat manusia, masyarakat yang ideal, korupsi secara bertahap manusia-masyarakat ide-ide ini semua ditemukan dalam banyak dari karya-karyanya Atlantis. Sebuah kendaraan yang berbeda untuk mendapatkan beberapa tema favoritnya."

jadi sekarang pilihlah diantara kedua pendapat di atas yang benar?

No comments:

Post a Comment