AWAL TERBENTUK COSMOS

Para peneliti dan astronot hampir rinci menjelaskan bagaiman terbentuknya lubang hitam dan galaksi mungkin terjadinya di awal alam semesta. pada awalnya bintang terbentuk di Henize 2-10(adalh galaksi yang terdekat dengan bumi ) yang letaknya sejauh 30 juta tahun cahaya dari bumi.
    awal mula terjadinya ledakan yang di sebabkan oleh ledakan formasi bintang dengan lubang hitam besar yang beratnya di perkirakan beratnya mencapai 6,8 miliar kali massa matahari yang saat ini baru di temukan oleh para peneliti. Lubang hitam itu berada M87, dan sejauh ini ia adalah galaksi terbesar yang dekat dengan galaksi bimasakti.


lanjut >>> ledakan yang terjadi antar formasi bintang dengan lubang hitam besar terjadi dan membentuk analog dengan kondisi alam semesta awal. sejak Henize 2-10 tidak berisi tonjolan bintang pada pusatnya, hasil ini menunjukkan bahwa pertumbuhan lubang hitam supermasif mendahului pertumbuhan tonjolan galaksi

gambar yang didapat oleh para peneliti gabungan dari hasil pengamatan mereka dengan tampilan terperinci mereka bagaiman awal galaksi dan lubang hitam terbentuk. 




           ini menunjukkan data optik dari Teleskop luar angkasa Hubble pada data X-ray merah, hijau dan biru, dari NASA's Chandra X-ray Observatory di ungu, dan data radio dari Very Large ArrayNasional Observatorium Astronomi Radio di kuning. Sebuah sumbersinar-X kompak di pusat galaksi bertepatan dengan sumber radio,memberikan bukti untuk sebuah lubang hitam supermasif yang sedang tumbuh aktif dengan massa sekitar satu juta kali dari matahari.




sumber :http://www.nasa.gov/multimedia/imagegallery/iotd.html

No comments:

Post a Comment