Sejarah Afrobeat !

Afrobeat adalah musik Funk yang berasal dari afrika dirintis tahun 1970 bersuara keras... dengan pendiri musik ini adalah Fela Anikulapo Kuti yang telah meninggal pada 2 agustus 1997






Kuti memulai karir bermusiknya sewaktu tinggal di london (inggris) saat belajar pengobatan disana pada awal 60 an, pada saat itu dia sangat tergoda oleh aliran jazz afrika london yang bersuara keras. Kuti lalu meninggalkan london dan kembali ke nigeria dan membentuk band. sewaktu bermain musik dengan band nya pada tahun 1969 Kuti sangat terinspirasi oleh Radikal Politik Gerakan Black Panther dan suara funk yang muncul dari era-especially James Brown, yang menghasilkan musik aliran baru bernama Afrobeat.

musik yang di bawa Kuti dalam aliran Afrobeat memiliki lirik-lirik pesan sosial dan politik, serta kritik sosial khas kulit hitam dan juga tak kalah menarik bahwa lirik lagu yang di buat oleh kuti isinya adalah mengolok-olok militer nigeria -ada tahun 70 an,

band Fella kuti di bubarkan pada akhir dekede 70an, dan membentuk band baru di mesir pada dekade 80an , namun pada masa tahun itu adalah masalah tersulit bagi kuti , akhirnya Kuti di penjarakan akibat lagunya yang di anggap rasis , sempat di penjarakan dua kali.

pada saat kematiannya pada tahun 97' , fella kuti adalah bintang dari nigeria yang terkenal dengan kontroversial musik output yang luar biasa. di jaman sekarang Afrobeat telah menjadi musik yang benar-benar global.itu di karenakan oleh gerakan ansambel Broklyn Antibalas, yang sukses membantu membuka jalan untuk aliran musik Afrobeat di seluruh dunia ini. 




No comments:

Post a Comment